Arti Mengidam Bagi Wanita Hamil

(Hamilsiana). Mengapa wanita hamil mengidam? Apa arti mengidam bagi wanita hamil? Mengidam adalah gejala yang umum timbul mengiringi masa kehamilan ibu hamil. Meskipun, tidak semua wanita hamil mengidam atau mengalami pica. Hanya wanita tertentu yang terganggu oleh rasa mengidamnya. Secara faali mengidam merupakan naluri yang memberi isyarat kepada pusat selera di otak untuk lebih menginginkan jenis makanan tertentu. Gejala ini sesungguhnya berarti status gizi tubuh wanita hamil sedang kekurangan sesuatu zat gizi apakah saja. Zat gizi yang kurang dalam tubuh wanita hamil itu yang lalu menjadi apa yang diidam-idamkannya selagi hamil. Dorongan wanita hamil ingin makan kapur tembok, atau tanah, atau yang menurut penglihatan kita dianggap aneh-aneh, misalnya, sebetulnya mencerminkan kalau tubuh wanita sedang kekurangan sesuatu mineral, dan secara naluriah seleranya tertuju pada apa yang secara naluri pula dirasakan sebagai sumber mineral yang banyak dalam kapur dan tanah. Maka, kemudian wanita hamil yang berselera pada kapur atau tanah. 
Arti Mengidam Bagi Wanita Hamil
Ilustrasi
Wanita hamil lain mengidam makan mangga muda atau rujak (bebuahan), yang bisa berarti tubuh sedang memerlukan tambahan ekstra vitamin mineral. Kita tahu beragam vitamin dan mineral banyak terdapat dalam buah. Adakalanya mengidam juga bisa merupakan isyarat bahwa istri membutuhkan perhatian lebih dan suami. Pada jenis mengidam yang ini, secara kejiwaan, mengidam merupakan tuntutan istri untuk memperoleh perhatian lebih dari suami. Berbeda dengan mengidam yang sungguh-sungguh pica yang disebabkan tubuh sedang menderita kekurangan sesuatu zat gizi, mengidam sebab kejiwaan, permintaannya biasanya lebih tidak masuk akal medis. Minta durian, padahal belum musim durian, misalnya. Semakin susah suami mencari apa yang diminta istri, semakin puas si ibu hamil karena merasa mendapatkan perhatian suami yang lebih besar. Hanya mitos belaka jika mengidam tidak dipenuhi akan mengganggu anak yang dikandung. Suami yang percaya mitos itu akan mati-matian mencari dan mengabulkan apa yang diminta istri dalam mengidamnya.

Sekian uraian tentang Arti Mengidam Bagi Ibu Hamil. Baca juga artikel kehamilan lainnya tentang Posisi Sex yg Tepat untuk Ibu Hamil, semoga bermanfaat. 

BACA JUGA

Ditulis Oleh : Printersiana // 08.15

0 komentar:

Posting Komentar