Bahaya Merokok Bagi Ibu Hamil

(Hamilsiana). Merokok sangat berbahaya untuk ibu hamil. Bahaya merokok tersebut semakin jelas jika Ibu hamil merokok selama kehamilan. Nikotin rokok yang Anda hirup akan melintasi plasenta dan memengaruhi bayi. Nikotin rokok tersebut akan menurunkan aliran darah ke bayi, sementara karbon monoksida mengurangi jumlah oksigen yang dikandung darah tersebut. Oleh karena itu, merokok dapat menyebabkan kelahiran prematur (kurang bulan), bayi lahir dengan berat badan rendah, dan bayi lahir dengan bibir dan/atau langit-langit mulut yang sumbing. Selain itu, bayi ibu hamil sangat mungkin mengalami kelainan pernapasan, misalnya asma, setelah melahirkan. Penelitian juga menunjukkan bahwa tampaknya ada hubungan antara merokok selama kehamilan dengan kematian mendadak bayi (sudden infant death, SID) setelah bayi lahir.
Bahaya Merokok untuk Wanita Hamil
Ilustrasi
Bahaya merokok lainnya bagi ibu hamil adalah dapat menyebabkan komplikasi kelahiran, bahkan mungkin keguguran, plasenta previa, gangguan plasenta, dan pecahnya membran-membran secara premature. Walaupun mungkin amat sulit dilakukan, berhenti merokok merupakan pilihan yang masuk akal baik bagi ibu maupun bayi, dan tidak ada kata terlambat untuk berhenti. Tenaga medis mungkin bisa memberi ibu hamil bantuan dan dukungan. Akan tetapi, pengganti nikotin dan obat anti-merokok cocok untuk digunakan selama kehamilan. Merokok pasif juga dapat membahayakan bayi, jadi hindarilah udara yang dipenuhi asap rokok, dan jika pasangan (suami) merokok, maka dorong ia untuk berhenti merokok pula.

Sekian uraian tentang Bahaya Merokok Bagi Ibu Hamil. Baca juga artikel kehamilan lainnya tentang Arti Mengidam Bagi Wanita Hamil, semoga bermanfaat.

BACA JUGA

Ditulis Oleh : Printersiana // 21.28

0 komentar:

Posting Komentar