Kecukupan Gizi untuk Ibu Hamil

(Hamilsiana). Kecukupan gizi untuk Ibu hamil penting diperhatikan. Zat gizi yang terdapat dalam makanan merupakan satu-satunya sumber gizi bagi janin untuk tumbuh dalam kandungan. Sebab zat gizi makanan sangat diperlukan untuk membantu pertumbuhan sel, proses pematangan fungsi organ, pertumbuhan sistem saraf, dan persediaan energi untuk si janin tersebut. Selain itu jika ibu hamil kurang gizi akan berpengaruh pada perkembangan hati. Hati janin yang kurang gizi tidak dapat tumbuh dengan balk. Hatinya akan kecil dan ini menyebabkan fungsi hati pada kehidupannya kelak tak sempurna, termasuk kemungkinan untuk mencernakan kolesterol. Sehingga bayi yang lahir dengan hati yang kecil kelak memiliki kadar kolesterol darah tinggi dengan segala akibatnya.
Kecukupan Gizi untuk Ibu Hamil
Ilustrasi
Jika janin dalam kandungan kurang gizi, maka janin bersangkutan akan beradaptasi untuk menghemat makanan yang didapat. Ini berarti tubuh janin akan mengalami perubahan terhadap enzim insulin, dalam hal ini insulin tubuh tak begitu baik bekerjanya, sehingga metabolisme karborhidrat tubuh dibatasi. Makanan sangat penting selama kehamilan sehingga janin sangat tergantung pada ibunya. Tidak berlebihan bila dikatakan bahwa kondisi anak dalam kandungan banyak ditentukan oleh mutu makanan ibunya. Jadi ibu hamil perlu makanan yang bermutu, artinya tidak kekurangan dan tidak berlebihan atau seimbang.

Menu seimbang adalah susunan makanan yang sesuai dengan takaran kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Tidak semua zat gizi dibutuhkan dalam jumlah yang sama, ada yang diperlukan dalam jumlah sedikit dan ada yang dibutuhkan dalam jumlah yang banyak. Dalam menu seimbang yang penting adalah jumlah zat gizi yang masuk dalam tubuh adalah cukup perbandingannya, terutama antara karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa apa yang dimakan atau tidak dimakan oleh ibu hamil akan berpengaruh terhadap perkembangan organ tubuh janin. Seperti pada kehamilan triwulan ketiga, kekurangan kalori protein dapat menganggu perkembangan jaringan otak, dan jika terjadi kekurangan asam folat dapat menyebab cacat pada batang syaraf.

Sekian uraian tentang Kecukupan Gizi untuk Ibu Hamil, semoga bermanfaat.

BACA JUGA

Ditulis Oleh : Printersiana // 11.53

0 komentar:

Posting Komentar